Siaga Bencana - by KJRI Los Angeles

Published
12/23/2010

Sudahkah anda Siaga Bencana? Sudahkah anda bersiap menghadapi banjir? Sudahkah anda bersiap menghadapi gempa bumi? Apabila anda berada di daerah Los Angeles dan sekitarnya, anda dapat belajar bersiap menghadapi bencana dengan mengunjungi laman http://preparela.org/ atau http://redcrossla.org/ .
 
Beberapa petunjuk yang dapat dijadkan pedoman, antara lain :

Tidak ada yang bisa meramal kapan terjadinya gempa bumi. Siagakan diri anda setiap saat.

“Flood WATCH” berarti mungkin akan ada banjir di daerah anda. “Flood WARNING” berarti banjir sudah terjadi atau akan segera terjadi.

Buatlah back-up data digital anda sesering mungkin. Simpan di tempat yang anti api dan air, atau di lokasi yang berbeda.

Bila terjadi kebakaran, keluar dulu, baru telpon 911.

Apakah anda mengetahui dimana rumah sakit, pemadam kebakaran dan pos polisi terdekat dari tempat anda?

Di LA, Sistem Peringatan Diri Darurat akan menyiarkan informasi melalui Radio KFI 640 am dan KNX 1070 am.

Nomor telpon untuk Penanggulangan Keracunan (Poison Control) adalah 1-800-222-1222. Simpan di telepon anda.

Bila anda berhadapan dengan seseorang yang terluka atau tidak sadar, telponlah 911, atau minta seseorang untuk telpon 911, sebelum anda menolong orang tersebut.

Beritahu tamu dan babysitter tentang rencana darurat anda dan perlihatkan kepada mereka dimana anda menyimpan perlengkapan darurat.

Simpan senter, sepatu boot dan kacamata cadangan (bila memakai kacamata) dalam sebuah tas, dan ikatlah di kaki kepala tempat tidur anda.

Umumnya, seseorang membutuhkan satu gallon air per hari untuk minum dan sanitasi. Pastikan kecukupan air tersebut di perlengkapan darurat anda.

Simpan peluit dalam perlengkapan darurat anda. Anda mungkin membutuhkannya untuk mencari bantuan dan menarik perhatian.

Simpanlah uang receh di perlengkapan darurat anda. Bila listrik mati, ATM dan Kartu Kredit juga mati.

Tentukan dua tempat berkumpul bagi keluarga anda apabila anda terpaksa melakukan evakuasi – satu yang dekat, dan satu sekitar satu mil jauhnya. (dalam hal ini Kantor KJRI Los Angeles dapat dijadikan salah satu tempat)

Simpan juga sebuah peta lingkungan anda dalam perlengkapan darurat. Setelah bencana terjadi, rute yang biasa anda lewati mungkin tertutup atau tidak dapat dilalui. (Jangan lupa buat peta alternatif ke KJRI Los Angeles)

Lihat di citizencorps.gov untuk melihat apakah ada Tim Tanggap Darurat Lingkungan (CERT) di lingkungan anda. Bila tidak ada, kenapa tidak memulainya?

Lakukan tes pada alarm asap anda dua kali setahun. Semua orang yang ada di rumah/gedung anda harus mengenali bunyinya.

Latihlah dua rute darurat dari dalam rumah/gedung anda. Mungkin anda harus berusaha keluar dalam kegelapan, atau melalui asap pekat.

Jangan coba melalui atau berjalan mengarungi arus yang sedang deras mengalir. Mungkin lebih deras dari yang anda duga.

Selamatkan diri anda, dan diri keluarga anda, dengan Siaga Bencana.

Source : KJRI Los Angeles