Profil Negara dan Kerjasama - KJRI San Francisco

Published
01/07/2011

# UMUM/PENDAHULUAN

Konsulat Jenderal Republik Indonesia di San Francisco (selanjutnya disebut KJRI SF) termasuk Perwakilan RI yang tertua di Amerika Serikat. Dibuka pada bulan September 1952 dengan status Konsulat. Pada bulan Oktober 1968 statusnya ditingkatkan menjadi Konsulat Jenderal, namun dengan dibukanya perwakilan RI di Los Angeles status perwakilan RI di San Francisco dirubah kembali menjadi Konsulat. Status Konsulat ini kemudian dinaikkan kembali menjadi Konsulat Jenderal pada tahun 1993.

Wilayah kerja KJRI SF meliputi 5 negara bagian di pantai Barat dan Pasifik Amerika Serikat. Lima negara bagian itu adalah Alaska, Idaho, Oregon, Washington State dan sebagian wilayah Negara Bagian California yang dikenal sebagai Northern California – dengan kota San Francisco - sebagai kota utamanya. Dalam pembagian wilayah di AS, Negara Bagian Northern California, Oregon, dan Washington termasuk dalam wilayah “Pacific Northwest”. Idaho masuk dalam wilayah yang disebut Rocky Mountain bersama-sama Negara Bagian Nevada, Colorado, Wyoming, dan Montana. Sedangkan Alaska merupakan wilayah tersendiri. Kelima negara bagian tersebut merupakan kawasan yang sangat potensial bagi perekonomian Amerika Serikat karena merupakan negara bagian yang memiliki “comparative advantage” yang khas a.l. Northern California sebagai pusat financial, high tech, perdagangan dan pariwisata; Oregon memiliki industri kayu dan sepatu (Nike); Idaho penghasil kentang, Washington State memiliki industri pesawat terbang (Boeing), piranti lunak (Microsoft), industri kopi (Starbucks); dan Alaska merupakan negara bagian terluas di Amerika yang memiliki industri migas, pariwisata dan perikanan.

# GAMBARAN UMUM TENTANG MASYARAKAT INDONESIA DI WILAYAH KERJA KJRI SAN FRANCISCO

Dewasa ini jumlah masyarakat Indonesia di kelima negara bagian di wilayah kerja mencapai kurang lebih 11.110 orang. Kedatangan Warga Negara Indonesia selain sebagai wisatawan adalah juga sebagai pekerja, mahasiswa/pelajar. Sebagian WNI telah menjadi penduduk tetap. Tidak dapat dipungkiri bahwa San Francisco menjadi daya tarik utama di wilayah pantai Barat bagi para mahasiswa dan pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studinya. Seiring dengan berjalannya waktu ketertarikan tersebut berkembang pula ke wilayah Northern California lainnya di mana banyak terdapat perguruan tinggi terkenal seperti UC Berkeley, UC Davis, UC Santa Cruz dan Stanford University serta University of Washington di Seattle.

Di wilayah kerja terdapat berbagai organisasi kemasyarakatan yang berdasarkan kedaerahan, etnik, keagamaan, dan profesi disamping yang bersifat umum. Berbagai organisasi yang dapat dicatat a.l. adalah : Keluarga Besar BOSAMI – Bolaang, Sangir Tlaud, Minahasa; Keluarga Besar Bona Taon Batak; Persahabatan Senior Indonesia (PSI) yang anggotanya sebagian besar adalah masyarakat Indonesia yang berusia lanjut dan berstatus pensiunan; lndonesia¬ America Friendship Association (IAFA); Kelompok Pengajian; Indonesian China American – ICANET, Indonesian Professional Association – IPA; Persatuan Mahasiwa dan Pelajar Indonesia di AS – PERMIAS yang masih terbagi dalam beberapa kelompok a.l. Berkeley Indonesian Student Association – BISA, PERMIAS Fresno dan selebihnya merupakan kelompok-kelompok kecil. Di Seattle terdapat Perhimpunan Masyarakat Kristen dan Kelompok Pengajian Indonesia. Di Eugene terdapat kelompok PERMIAS Eugene yang terdiri dari mahasiswa Indonesia yang belajar di Universitas Oregon. Secara umum kelompok-kelompok tersebut dapat dikategorikan baik dan saling membantu serta berkomunikasi dengan KJRI SF dan aktif dalam berbagai kegiatan yang mendukung promosi citra Indonesia di wilayah kerja KJRI SF.

# TUGAS POKOK DAN UNGSI

Sesuai dengan TUPOKSI-nya (Tugas Pokok dan Fungsi), KJRI-SF sebagai perwakilan RI mempunyai tugas utama melakukan pelayanan kepada WNI dan BHI (Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia). Selain itu KJRI-SF juga mengemban tugas dan fungsi dalam pengupayaan peningkatan hubungan Indonesia dalam berbagai bidang dengan pemerintah Negara Bagian dan pemerintah daerah (county) yang berada di wilayah kerja. Pelayanan KJRI SF termasuk masalah kekonsuleran, ekonomi, sosial budaya, serta pelayanan pemberian informasi yang akurat, mengenai berbagai hal tentang Indonesia dalam skala besar maupun kecil, baik untuk kebutuhan umum maupun perorangan.

# KETERANGAN DASAR CALIFORNIA

Nama Negara Bagian : California
Ibu Kota : Sacramento
Luas Wilayah : 155,959 sq miles
Jumlah Penduduk : 35,153,000 (2002, terbanyak di AS)
Gubernur : Arnold Schwarzenegger
GDP : $ 1.34 trillion (2001)
Pendapatan Perkapita : $38.857 (2002)
Tingkat Penganguran :
Pelabuhan : Sacramento, San Francisco, Oakland, San Jose
Bandara : Sacramento, San Francisco, Oakland, San Jose, Fresno
Komoditi Ekspor & Impor : Electric machinery, footwear, mineral fuel, wood and wood charcoal, furniture, coffee, tea, mate and spices, organis chemicals.

(sumber : www.kemlu.go.id/sanfrancisco )