Pertemuan dengan Masyarakat Indonesia di New Jersey

Published
05/06/2010 by

Antusiasme masyarakat Indonesia untuk hadir dalam kegiatan KJRI New York terlihat dalam Pertemuan Masyarakat yang diselenggarakan di Edison, New Jersey, pada Minggu sore, 2 Mei 2010. Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 100 orang WNI ini merupakan salah satu upaya KJRI New York untuk mendekatkan diri dengan komunitas masyarakat Indonesia di negara akreditasi.

Warga yang datang berasal dari berbagai kelompok masyarakat, termasuk para pemuka agama, pelajar, mahasiswa, dan pekerja. Pada umumnya WNI yang bekerja di New Jersey adalah mereka yang bergerak di pabrik-pabrik pengolahan makanan, plastik, tisu, alat-alat listrik dan kayu.

Konjen RI New York, dalam sambutannya, antara lain menegaskan komitmen KJRI New York untuk terus memberikan pelayanan terbaik yaitu ramah, cepat dan transparan kepada warga Indonesia yang berada di Amerika Serikat, khususnya di wilayah Pantai Timur AS. Pada kesempatan tersebut, selain menyampaikan ucapan terima kasih, Konjen RI juga sekaligus menyampaikan kata perpisahan kepada seluruh WNI yang hadir mengingat masa penugasan yang akan segera berakhir.

Selain itu, Konjen RI juga berpesan agar warga Indonesia senantiasa mematuhi Undang-Undang yang berlaku di AS guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan serta senantiasa memenuhi kewajiban sebagai WNI seperti lapor diri, mengganti atau memperpanjang paspor jika sudah habis masa berlakunya.

Pertemuan dengan masyarakat yang berlangsung sejak pukul 11.00 hingga pukul 15.00 ini dimanfaatkan juga oleh KJRI New York untuk mensosialisasikan UU No. 12 Tahun 2006 mengenai Kewarganegaraan, khususnya mengenai batas waktu mengajukan pendaftaran permohonan pengajuan pewarganegaraan anak bagi anak-anak WNI yang lahir sebelum tahun 2006 di AS yaitu tanggal 1 Agustus 2010.

Secara keseluruhan, WNI di New Jersey menyambut baik terlaksananya acara pertemuan masyarakat. Melalui kegiatan seperti ini, tidak hanya tali silaturahmi antara masyarakat Indonesia dengan KJRI New York tetap bisa terjaga, namun KJRI New York dapat memperoleh masukan secara langsung mengenai permasalahan kongkrit di masyarakat sehingga diharapkan dapat dicarikan solusi yang tepat sesegera mungkin (KJRI New York).